Pengelolaan referensi dan kutipan dalam penulisan ilmiah adalah hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan seorang peneliti atau mahasiswa. Mendeley, sebuah alat manajemen referensi yang sangat efektif dalam penelitian akademik. Dalam artikel ini, saya akan memandu proses instalasi Mendeley dan cara mengintegrasikannya dengan Microsoft Word, sehingga dapat mengoptimalkan produktivitas penulis makalah ilmiah, tesis, atau laporan penelitian.
Langkah 1 : Instalasi Mendeley
Buka situs resmi mendeley https://www.mendeley.com/
Klik ‘download’ di pojok kanan tampilan website, tunggu sampai web menampilkan tampilan selanjutnya.
Sesuaikan kebutuhan download dengan device yang dipakai, lalu klik download. Jika device Anda Windows, maka klik ‘Download now for Windows’.
Tunggu hingga proses download selesai.
Setelah proses download selesai, lalu cari file di dalam komputer.
Klik kanan pada file lalu pilih ‘Run as administrator’.
Pilih ‘Only for me’ lalu klik instal. Tunggu proses instalasi sampai selesai.
Klik ‘Finish’. Maka proses instalasi telah selesai.
Langkah 2 : Registrasi Akun Mendeley
Langkah 3 : Menghubungkan Akun Mendeley dengan Microsoft Word 365
Tetapi tidak jarang terjadinya error pada proses menambahkan mendeley dalam Microsoft Word, adapun cara manual yang bisa dilakukan sebagai berikut.
- Buka aplikasi Microsoft Word, pastikan yang Anda gunakan adalah Microsoft 365.
- Buka lembaran baru pada Microsoft Word.
- Klik fitur Add-Ins yang ada pada tab Home.
- Tambahkan aplikasi Mendeley, lalu login kembali dengan akun yang telah Anda daftarkan pada Mendeley.
- Tunggu proses sampai selesai.
- Jika sudah selesai, cek tab References dan hasil akhirnya akan terdapat Mendeley di bagian pojok kanan.
Komentar
Posting Komentar